Sabtu, 20 Agustus 2011

Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan Di Indonesia

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memang harus diwaspadai. Mempelajari semua yang ada dan menerapkannya dalam sistem pedidikan kita sangat perlu perhatian khusus. Memang beberapa hari ini di banyak media sudah mulai nampak bagaiaman buruknya sistem pendidikan di Indonesia ketika harus menghadapi kenyataan bahwa siswa terpandai bahkan juara olimpiade internasional tidak bisa/ tidak mau sekolah di Universitas di seluruh negeri ini. Untuk mendapatkan beasiswa sangat sulit, bahkan apabila lulus nantipun penempatan kerja tak terjamin.

Lihat di beberapa sekolah yang menerapkan sistem beasiswa dan kontrak kerja. Di Nanyang University Singapore salah satunya. Lihat saja siapa yang memiliki nilai terbaik dan mendapat beasiswa ..? hampir 50% mahasiswa berasal dari Indonesia. Universitas inipun menempati 100 besar universitas unggulan dunia. BAgaimana nich Mendiknas, apakah kita hanya mengolah siswa itu menjadi pandai selanjutnya akan diambil bangsa lain...?!! MArilah kita bersama membantu memecahkan masalah ini secepat mungkin, agar nanti kita tidak terbengong-bengong menghadapi hal yang akan terjadi beberapa tahun kemudian

Senin, 15 Agustus 2011

DAFTAR GURU

GURU-GURU SDN BLUBUK 01 TAHUN 2011

NO

NAMA / NIP

GOL/

RUANG

JABATAN

GURU

JENIS GURU

MENGAJAR

KET

KELAS

JAM

1

BAMBANG T, S.Pd

19610312 198012 1 002

IV A

Guru

Madya

Gr .Mapel

IV-VI

6

PKn

2.

SLAMET SAHURI

19600726 198012 1 004

IV A

Guru

Madya

Guru Kelas

V

27


3

UMI SALAMAH

19610201 198012 2 004

IV A

Guru

Madya

Guru Kelas

III

24


4.

ELYAMA, A.Ma.Pd.

19560905 198201 1 002

IV A

Guru

Madya

Guru

Kelas

II

24


5.

SUNARTI, SPd

19650101 199203 2 022

III C

Gr

Muda

Guru Kelas

I

24


6.

LUTFIAH, S.Pd.SD

19670823 200012 2 001

III B

Guru Pertama

Guru Kelas

VI

27


7.

THALIFAH, A.Ma.

19560308 198201 2 003

IV A

Guru

Madya

Guru

Mapel

I – II

6

PAI

8.

M. DZUL QORNAIN, S.Ag

19660812 200801 1 010

III A

Guru

Pertama

Guru

Mapel

III-IV

6

PAI

9

KHOERUNISA

-

-

Guru

Mapel

IV-VI

6

B. Inggris

10

SUWITO

-

-

Guru

Mapel

I – VI

21

Penjasorkes

11

ISROILYATI

-

-

Guru Mapel

V – VI

6

PAI

12

DWI ARDIAN RINALDI

-

-

Guru

Kelas

IV

27


13

DEWI LINDA SUSANTI

-

-

Guru

Mapel

V-VI

4

B. Jawa


SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

JUDUL PENELITIAN

Judul hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan masalah yang akan diteliti dan tindakan untuk mengatasi masalahnya.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah

Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara jelas bahwa masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di sekolah atau bidang pendidikan sesuai profesi peneliti dengan disertai data factualnya, dan diagnosis dilakukan oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya disekolah. Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut. Disamping itu kemukakan perlakuan atau metode pembelajaran yang biasa digunakan sehingga perlunya ada perbaikan.

B. Perumusan dan pemecahan masalah

Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan masalah ini perlu disesuaikan dengan apa yang ada di latar belakang masalah..

Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan

mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan dan hasil

positif yang diantisipasi dengan mengajukan indikator keberhasilan tindakan, dan cara pengukuran serta cara untuk mengevaluasinya.

Uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti, hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarakan pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan (action) yang jelas dan terarah.

C. Tujuan penelitian

Kemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan

D. Manfaat Penelitian

Uraikan konstribusi hasil penelitian tentang kualitas dan/atau pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan di sekolah terkait. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

BAB II. KAJIAN PUSTAKA

A. Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang berkaitan dengan masalah yang akan dipecahkan.

B. Kemukakan dasar teori yang berkaitan dengan variabel tindakan untuk mengatasi masalahnyai. Bila mungkin cari temuan dan bahan penelitian lain yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tersebut.

C. Uraian ini digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian, yang menghubungkan antara variabel masalah dengan variabel tindakan. Pada bagian akhir dapat dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan /diantisipasi.

BAB III. METODE PENELITIAN PENELITIAN

Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan.

Kemukakan obyek, waktu dan lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara jelas. emukakan berapa siklus rencana penelitiannya dan kemukakan prosedur tiap siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus. Uraian pada siklus pertama harus jelas, untuk siklus berikutnya menyesuaikan kalau sudah penelitian. Jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, meskipun harus diingat tentang jadual kegiatan belajar di sekolah. Untuk lebih konkritnya disampaikan sistematika pada bagian ini sebagai berikut:

A. Setting penelitian ; meliputi subyek penelitian, waktu penelitian yang direncanakan, sasaran perubahan yang ingin dicapai.

B. Prosedur/siklus penelitian: berapa siklus direncanakan, tiap siklus ada berapa pertemuan, uraikan secara rinci tiap tahapan pada setiap siklus.

C. Pengumpulan data. Kemukakan data yang akan dikumpulkan dan melalui teknik apa (observasi, wawancara, atau tes)

D. Teknik analisis data: kemukakan kriteria yang akan digunakan dari setiap aspek yang akan dianalisis.

E. Indikator keberhasilan: kemukakan berapa patokan yang diharapkan penulis bilamana model srtateginya dapat optimal dilaksanakan.

JADUAL PELAKSANAAN

Buatlah jadual kegiatan penelitian yang meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk Gant Chart. Jadual penelitian disusun untuk memberikan prediksi bagi penulis sendiri dalam memprogram persiapan usulan pengembangan profesi.

DAFTAR PUSTAKA

Disusun daftar pustaka dengan mengunakan pedoman yang berlaku.

SISTEMATIKA LAPORAN PTK

A. BAGIAN PEMBUKAAN

1. Halaman judul

2. Halaman pengesahan

3. Abstrak (bila diperlukan)

4. Kata pengantar

5. Daftar Isi

6. Daftar Lampiran

B. BAGIAN ISI

BAB I PENDAHULUAN

Terlihat unsur-unsur berikut:

1. Latar belakang masalah (diskripsikan data faktual awal yang menunjukkan terjadi masalah, tempat/setting, pentingnya masalah dipecahkan dengan cara yang dikalukan.

2. Rumusan Masalah

3. Tujuan Penelitian

4. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN TEORI DAN PUSTAKA

1. Ada teori-teori terkait yang memberi arah/petunjuk tentang variable permasalahan yang dipecahkan serta variable tindakan yang digukanakan untuk mengatasinya.

2. Ada usaha peneliti membangun argumen teoritik bahwa action tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu KBM, tetapi tidak untuk membuktikan teori. Dari uraian ini tergambarkan kerangka berpikir yang memberikan langkah dan arah penelitian tindakan.

3. Hipotesis tindakan (jika diperlukan)

BAB III METODE PENELITIAN

Mengandung unsur-unsur :

1. Setting (lokasi, waktu, mapel, sekolah)

Input khas yang dilakukan diluar kebiasaan rutin- RP,

2. Siklus penelitian (jumlah dan alasan yang mendasari)

Apakah waktu, pokok bahasan dll.

Rencana tindakan:Alat, materi pelajaran, media atau bahan laborat yang digunakan, kelas, serta siswa bagaimana dipersiapkan

Pelaksanaan tindakan

Tindakan yang dilakukan bersifat: rasional artinya berbasis pada akar penyebab masalah; dan Feasible (dapat dilakukan tidak ambisius), artinya tindakan tersebut terdukung oleh factor materi, jenis tindakan, waktu serta prasarana lainnya.

Pengamatan/Observasi

Cara melakukan pengamatan, instrumen yang akan digunakan, usaha memvalidasi instrumen dan factor yang akan diamati

Refleksi/menganalisis dan sintesis.

Cara merefleksi serta mendapatkan dampak akibat tindakan serta kelemahan yang dijumpai, sebagai bahan untuk menyusun tindakan pada siklus berikutnya. Kemukakan tahapan pada siklus berikutnya sesuai dengan jumlah siklus yang telah dilaksanakan.

Pada Laporan lebih lengkap dari Proposal tiap siklus dijelaskan.

BAB IV HASIL PENELITIAN

1. Diskripsi setting penelitian

Berikan gambaran kondisi lapangan waktu tindakadilakukan, secara kualitatif mapun kuantitaf tentang semua aspek yang dapat direkam pada waktu penelitian.

2. Hasil penelitian.

Sajikan tindakan tiap siklus dan hasil data lengkap dari setiap siklus; yang memberikan perubahan/perbaikan yang dapat diperoleh dari pengamatan/observasi, yang menyangkut berbagai aspek konsentrasi penelitian. Pada akhir siklus kemukaakn hasil refleksinya. Sajian data ini dapat dibuat dalam bentuk grafik/table dengan diberikan berbagai penjelasan dan analisis datanya.

3. Pembahasan

Rangkum hasil penelitian dari seluruh siklus dan semua aspek konsentrasi penelitian dengan diformulasikan ke dalam bentuk table, grafik serta dibahas tiap aspek yang diketahui adanya peningkatan, atau tidak adanya perubahan dengan berbagai alas an yang rasional dan logis. Kalau mampu dikuatkan dengan teori yang relevan lebih kuat.

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

1. Simpulan.

Kemukakan simpulan yang diperoleh dari hasil analisis pada bab sebelumnya, dengan memperhatikan perumusan masalah dan tuyjuan penelitiannya.

2. Saran

Kemukakan saran secara operasional bila mungkin dengan mendasarkan simpulan yang diperoleh.

C. BAGIAN PENUNJANG

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN- LAMPIRAN:

- RENCANA PEMBELAJARAN

- SEMUA INSTRUMEN

- CONTOH HASIL KERJA GURU, SISWA

- FOTO KEGIATAN BESERTA PENJELASANNYA.

- DAFTAR HADIR SETIAP PERTEMUAN

- SURAT PERNYATAAN BAHWA PENELITIANNYA SUDAH DISEMINARKAN DARI KELAPA SEKOLAH/MADRASAH.

- LAIN-LAIN YANG DIANGGAP PENTING

---------- S P D ------------