Kamis, 04 Agustus 2011

PC Tablet

Memaksimalkan pc tablet

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana memaksimalkan fungsi PC Tablet. Saat ini beragam vendor mulai memasarkan produk PC Tablet dengan fasilitas koneksi jaringan seluler. Perlu dukungan layanan data unlimited agar jelajah internet menjadi kian leluasa bagi pelanggan. Dengan keunggulan layarnya yang berukuran luas, perangkat tablet dapat menjalankan berbagai fungsi berbeda. Kita tahu bahwa selama ini PC Tablet lebih sering digunakan untuk surfing internet, ebook reader atau game. Padahal dengan layarnya yang luas, ada banyak fungsi lain yang bisa dilakukan PC Tablet. Tetapi, tentu saja harus dibantu dengan menginstal aplikasi tambahan yang sekarang sudah banyak di jual di toko aplikasi online.

Lalu, fungsi-fungsi lain apa saja yang bisa diwujudkan oleh PC Tablet? Berikut ulasanya:

1. Papan Tulis Digital

Layarnya yang luas dapat dimanfaatkan sebagai papan tulis digital. Salah satunya dibantu dengan aplikasi Kids Paint Free. Jadi, kita hanya tinggal menggoreskan jari pada layar layaknya menulis papan tulis. Tapi uniknya untuk menghapusnya cukup dengan menggoyangkan / menggerakkan tablet. Dan ada juga aplikasi Sketch A Etch atau Draw untuk menggambar pada layar tablet.

2. Frame Digital

Sekali lagi, dengan luasnya layar pada PC Tablet, maka bisa dimanfaatkan sebagai frame foto digital. Untuk yang ini kita tidak perlu menginstal aplikasi, cukup dengan mengaktifkan fitur slideshow yang ada di Gallery Photo. Tapi, bila fitur tersebut tidak tersedia, kita bisa menginstal aplikasi PhotoFrame. Di dalamnya telah disediakan fitur untuk memilih berbagai animasi saat perubahan antar foto termasuk juga mengatur jeda waktunya.

3. Kamus Digital

Juga ada aplikasi yang membuat perangkat tablet bisa berguna sebagai kamus digital. Jadi, kita tidak perlu bingung lagi apabila ingin menerjemahkan kata/kalimat ke bahasa tertentu.

4. Al Quran Digital

Jika tablet bisa berfungsi sebagai ebook reader, berarti juga bisa berfungsi sebagai Al Quran digital, yaitu dengan menginstal lebih dulu aplikasi iQuran yang meyediakan tampilan berbagai ayat Al Quran lengkap dengan terjemahannya. Jadi, dengan membawa tablet berarti kita sekaligus membawa Al Quran. Selain Al Quran ada juga plikasi untuk Injil digital.

5. Document Scanner

Dengan bantuan aplikasi CamScanner, perangkat tablet bisa berfungsi sebagai Scanner. Caranya, yaitu dengan mengarahkan lensa kamera ke dokumen yang ingin di-scan, lalu potret dokumen itu. Kamera secara otomatis akan memotret dalam mode Macro. Hasil foto dokumen kemudian bisa di-Crop, lalu dapat dikonversi ke file PDF dan bisa di-share via email atau di upload.

6. Barcode Scanner

Dengan bantuan aplikasi Barcode Scanner dan kamera, PC Tablet dapat memindai barcode yang ada di kemasan suatu barang untuk melihat harganya. Atau men-scan QR Code untuk menuju suatu alamat situs dan melihat info di balik itu.

7. Book, Magazines & Newspaper Reader

Seperti telah disebutkan, bahwa PC Tablet sering digunakan untuk membaca buku taua koran digital. Biasanya aplikasi ini sudah tersedia pada tablet. Tapi, bila tablet tidak menyediakan maka kita bisa menggunakan apliksi Aldiko (ebook reader) dan World Newspaper (koran digital). Aplikasi aldiko menyediakan berbagai macam buku digital yang bisa di-download. Kumpulan buku yang telah di-download dapat dikelompokkan berdasarkan judul, pengarang atau jenis buku, dengan tampilan seperti rak buku. Sedangkan World Newspaper menyediakan koran digital dari berbagai negara secara online.

8. Notebook Layar Sentuh

PC Tablet bisa juga digunakan untuk megolah file dokumen (Word, Excel, Powerpoint) layaknya sebuah netbook. Bedanya keyboard pada tablet penggunaanya dengan sentuhan di layar (layar sentuh). Sedangkan aplikasi yang bisa membantu mengolah file dokumen, diantaranya Document to Go. Selain itu ada juga aplikasi PDF Reader. Selanjutnya kita tinggal menghubungkan tablet ke perangkat proyektor untuk melakukan presentasi.

9. Video Call

Bila tablet mempunyai kamera sekunder (di atas layar), maka bisa dimanfaatkan untuk Video call. Terlebih dengan layar yang luas, maka tampilan wajah akan terlihat lebih jelas. Jika tablet belum memiliki fitur Video call, maka bisa menginstal aplikasi Tango Video Call.

10. Alat Musik

Dengan menginstal beberapa aplikasi alat musik, seperti Guitar, My Piano, Solo Lite, Drum Sesion dan lainnya, kita bisa bermain alat musik menggunakan tablet. Hebatnya lagi berbagai jenis alat musik dapat dimasukkan jadi satu ke dalam perangkat tablet. Jadi jika kita sedang bosan dengan suatu alat musik, maka kita tinggal buka alat musik lainnya.

11. Mini Aqurium

PC Tablet bisa juga dijadikan sebagai mini Aquarium, caranya dengan menginstal aplikasi aniPet Aquarium yang menyediakan gambar animasi berupa berbagai jenis ikan di dalam Aquarium. Untuk menampilkannya, pada tampilan awal layar klik tombol Option > Wallpaper > Live Wallpaper > aniPet Aquarium. Nah, meski hanya berupa gambar yang tampil di layar, tapi layar yang luas membuat seolah-olah sedang melihat Aquarium.

12. Senter Terakhir, PC Tablet juga bisa berfungsi sebagai lampu senter yang bisa membantu penerangan di malam hari. Caranya dengan menginstal aplikasi Flashlight yang membuat layar hanya akan menyala lebih terang dan bisa bertahan beberapa lama. Warna layar bisa dipilih sesuai dengan yang diinginkan.

Demikianlah ulasan tentang memaksimalkan fungsi PC Tablet. Semoga dapat bermanfaat. Salam.

tag : pc tablet , fungsi pc tablet , fungsi tablet pc , pc table , fungsi pc , tablet fungsi , memaksimalkan fungsi tablet , pctablet , fungsi tablet , pungsi tablet pc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar